Selasa, 02 Desember 2014

Tradhisi Sadranan di Lereng Merapi

Tradisi Sadranan Cepogo, Tradisi Yang Lestari Di Lereng Gunung Merapi

sodakoh-sadranan-warga-desa-sukobumi-cepogo-boyolali
Bacaan dzikir dan tahlil dikumandangkan di halaman makam Puroloyo, Desa Sukobumi, Capogo, Boyolali. Dipimpin oleh sesepuh desa setempat warga yang telah memadati halaman pemakaman menirukan bacaan-bacaan doa sembari duduk di samping tenong yang mereka bawa dan mereka rapikan dalam barisan hingga memenuhi halaman makam yang terletak di tengah kebun tembakau itu.
Pagi sekitar jam 08.30 ratusan warga sudah mulai memenuhi halaman makam. Mereka datang bersama keluarga mereka dan terlihat kaum pria menyunggi tenongan, baik remaja hingga yang tua.
Mereka yang hadir tidak hanya datang dari desa setempat. Beberapa diantaranya bahkan datang dari luar daerah menggunakan mobil angkutan seperti pick up dan truk, mobil pribadi, hingga kendaraan bermotor. Dan hal sama yang dapat terlihat dari mereka adalah tenong berisi makanan.
tradisi-sadranan-cepogo-makam-puroloyo-lereng-merapi
Mereka yang hadir pada pagi hari itu memiliki leluhur yang dimakamkan di pemakaman ini. Dan mereka semua akan selalu kembali ke makam ini setiap tahunnya untuk menggelar tradisi yang sama menjelang bulan puasa, yaitu tradisi Sadranan atau berziarah ke makam leluhur menjelang bulan puasa.
Suasana seperti ini selalu dapat dijumpai setiap tanggal 16 bulan Ruwah di Desa Sukobumi yang terletak di seberang Pasar Cepogo, di lereng Gunung Merapi. Selain di makam Puroloyo, tradisi Sadranan juga digelar di makam Gunung yang terletak tidak jauh dari makam Puroloyo.
Rangkaian kegiatan Sadranan sejatinya sudah dimulai semalam sebelumnya dimana sesepuh desa menggelar dzikir akbar. Sementara untuk acara puncak Sadranan Cepogo adalah prosesi Sodakoh Sadranan atau pembagian makanan dalam tenong kepada seluruh warga yang hadir di makam pagi itu.
tradisi-sodakoh-sadranan-bulan-ruwah-desa-sukobumi
Ratusan tahun tradisi Sadranan telah berjalan dan keturunan warga setempat selalu menyempatkan diri hadir untuk menggelar Sadranan sekaligus melestarikan budaya ini. Bahkan, banyak warga di desa ini mengaku bahwa suasana saat Sadranan jauh lebih meriah ketimbang saat Lebaran tiba.
tradisi-khas-bulan-ruwah-jawa-sadranan-cepogo
Tradisi Sadranan Cepogo Makam Puroloyo Desa Sukobumi
tradisi-sadranan-cepogo-tradisi-unik-kabupaten-boyolali
sadranan-cepogo-tradisi-unik-menjelang-bulan-puasa
sumber: http://chic-id.com/tradisi-sadranan-cepogo-tradisi-yang-lestari-di-lereng-gunung-merapi/ . Diunduh tanggal 3 Desember 2014. pukul 09.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar